Well Spent Christmas | GASTROMAQUIA JAKARTA

"The greatest gift of all is to spend Christmas with those you love"

Bulan Desember adalah bulan terfavoritku di sepanjang tahun. Selain karena musim hujan yang membuat suasana Natal makin terasa, bulan Desember identik dengan family time. Akhir tahun ini aku dan keluarga stay di hometown, hunting kegiatan seru yang bisa dilakukan bersama misalnya wisata kuliner dalam kota. Kita happy banget ketika dapat kesempatan dari Clozette Indonesia untuk mencoba Christmas Menu di Gastromaquia.

Gastromaquia menyajikan masakan otentik khas Spanyol dan merupakan salah satu dari 50 restoran terbaik di Madrid. Berawal dari kecintaan owner pada makanan Spanyol sehingga 'membawa' Gastromaquia dari Madrid ke Jakarta, tepatnya di JL. Ciniru 1 No.1 Kebayoran Baru - Jakarta Selatan. 




Pencahayaan remang-remang pada lantai pertama dan window light pada lantai kedua membuat pilihan suasana yang berbeda. Jika ingin menikmati nuansa fine dining, lantai pertama adalah pilihan yang utama dilengkapi dengan Bar yang menyediakan berbagai jenis Liquor. Lantai kedua merupakan incaran para Instagramer yang gemar memfoto makanan atau sekedar berselfie ria karena sarat dengan cahaya, termasuk aku yang memilih spot tepat di sebelah jendela. Gastromaquia ini juga semakin unik dengan berbagai kitchen utensils yang dijadikan dekorasi misalnya seperti lampu gantung yang terdiri dari garpu dan sendok. Sedangkan ruangan outdoor/balcony tersedia untuk smoking area serta bagi kamu yang gemar menyantap makanan di area terbuka.
Christmas vibes di Gastromaquia terasa homey dan klasik. Aku sempat foto-foto Outfit Of The Day di beberapa spot Gastromaquia dan ini foto favoritku. Setelah memilih tempat duduk, kami memesan 1 set Christmas Menu yang terdiri dari : Appetizer, Main Course, Dessert, dan Christmas Mocktail. Masing-masing memiliki 3 menu pilihan dan 2 menu pilihan untuk Dessert, kecuali Christmas Mocktail yang menjadi signature drink pada Christmas Menu kali ini. Kami memilih menu yang sekiranya salah satu dari ingredientsnya belum pernah dicoba sebelumnya. We really loves surprises. So yeah, here we go!

Christmas Menu IDR 275.000++
Add a glass of  House Wine IDR 75.000++
Prices are in thousand Rupiah and subject to 10% goverment tax and 8% service charge

Appetizer :
Iberico Ham & Rocket Salad
Disajikan dengan roti panggang yang crispy, cheese slice, dan salad dengan dressing Citrus. We really appreciate every single bite of Iberico Ham, karena merupakan daging paha the famous Black Hair Pig yang diiris tipis-tipis, hand carry direct from Madrid. Rasa ham yang dominan balanced dengan dressing Citrus pada salad. This appetizer absolutely has stimulate our desire to eat!

Main Course :
Homemade Pasta With Chanterelle Mushroom In Creamy Sauce Served In Parmesan Wheel


Pasta memang terkesan biasa namun yang tidak biasa adalah 'Served In Parmesan Wheel'-nya. Saat di lantai pertama, aku sudah tergiur melihat mangkuk keju besar yang dipajang dekat tangga dan aku sempat mengira itu hanya untuk pajangan saja. Ternyata pasta yang sudah jadi, diaduk dalam Parmesan Wheel yang telah melalui proses pematanganan selama 1.5 tahun. Umumnya keju parmesan dibilang matang dan siap untuk diolah setelah 3 bulan, minimal 12 bulan, sehingga keju parmesan ini terasa aromatic. Rasa asin dan gurihnya Parmigiano-Reggiano yang khas bersama Porcini Mushroom-si raja jamur Italia dan Chanterelle Mushroom yang segar, Zucchini yang crunchy dan well marinated, serta Creamy Sauce yang lezat membuat Pasta ini menjadi Food Of The Day kali ini.

Dessert :
Panacotta With Raspberry Sauce
Untuk dessert aku memilih Panacotta With Raspberry Sauce. Perpaduan rasa antara vanilla panacotta yang sweet dan raspberry sauce yang sour terasa sangat serasi. Ketika aku dan keluarga sedang menyantap hidangan sambil berbincang dengan owner tentang menu-menu yang kami pesan, owner menawarkan kami untuk mencoba pilihan rasa Panacotta lainnya yang tidak banyak diminati pengunjung(sampai tidak tertulis di daftar menu) karena merupakan perpaduan yang sangat tidak biasa yaitu Panacotta With Balsamic Vinegar. Awalnya aku pikir aku salah dengar karena tidak terbayangkan rasanya Panacotta yang merupakan dessert dicampur dengan cuka balsamic yang biasanya digunakan untuk bahan masakan. Owner mengatakan bahwa beliau pernah mencoba Panacotta With Balsamic Vinegar di sebuah restoran di Eropa sehingga beliau mengadaptasi menu tersebut di Gastromaquia. But it sounds interesting and we dare to try! Kami mencicipinya satu per satu mulai dari Balsamic Vinegarnya saja, lalu Vanilla Panacottanya saja, setelah itu menggabungkan keduanya. Ternyata saat dikonsumsi bersamaan rasanya very very delicious! Recommended!

Christmas Mocktail
Special drink yang terdiri dari Chammomile Tea, Apple, dan Lemon ini memiliki rasa yang unik. Manisnya Jus Apel dengan sedikit rasa asam Lemon yang segar dan fragance Chammomile Tea yang khas membuat perpaduan yang amat serasi dengan keseluruhan Christmas Menu yang kami pesan.

Selain Christmas Menu, Gastromaquia juga menyajikan menu-menu lainnya seperti Tappas & Small Bites, Special Items, dan Main Course, yang terbagi atas dua kategori yakni Classic Flavor dan New Flavor. Classic Flavor merupakan menu otentik dari Gastromaquia Madrid, sedangkan New Flavor merupakan hasil create Owner yang telah disetujui dan dicoba langsung oleh pihak Gastromaquia Madrid. Selain itu tersedia pula Asian Favorites yang terdiri dari beberapa menu bernuansa Asia. Dilengkapi dengan berbagai pilihan Sweet Bites, Coffee, Tea, Water, Juices, Lemonade, Soft Drink, Mocktails, dan Cocktails.

Overall :
Beberapa tahun terakhir ini banyak sekali restoran-restoran fancy yang dibuka dimana-mana. Awalnya aku tidak terlalu berekspetasi tinggi tentang makanannya karena setelah beberapa kali mengunjungi resto-resto yang baru beberapa tahun establish rasanya mengecewakan. Gastromaquia is different one, bukan hanya tempatnya saja yang fancy tapi juga makanannya. Bisa dilihat dari pemilihan bahan masakan yang tidak main-main karena banyak yang yang diimpor dari luar bahkan di hand carry oleh ownernya sendiri seperti Iberico Ham pada appetizer. Which is bahannya terbatas dan pastinya nilai kualitas diperhitungkan di Gastromaquia. Dari segi harga, Gastromaquia terbilang cukup terjangkau sesuai dengan cita rasa hidangan. Harga rata-rata Rp 300.000,- untuk 2 orang.

Wifi ✅
Liquor ✅
Valet Service ✅
Private Room ✅
Smoking Area ✅
Live Entertainment ✅
Cash, Debit, Credit Card ✅

Gastromaquia
Address : JL. Ciniru 1 No. 1. Kebayoran Baru. Jakarta 12180.
Phone : (+6221) 29305091
Instagram : @gastromaquia
Opening Hours :
Sun - Thurs 11.30 - 22.00
Fri - Sat 11.30 - 00.00

Photo : Sam Seite
Follow Yanita Sya for latest update :
INSTAGRAM | TWITTER | FACEBOOK

No comments:

Post a Comment