Clozette Indonesia x Parenting Club Indonesia Smart Parenting Workshop

Menjadi ibu tentu bukan peran yang mudah ya. To be honest, buatku cukup sulit. Apalagi di usia yang ke-24 tahun ini aku sudah punya 2 anak di usia Pra Sekolah. Si sulung sih tahun ini sudah 'lulus' usia Pra Sekolah dan mulai memasuki tahap sekolah meskipun belajarnya di rumah alias Home Schooling. Sekarang giliran si bungsu yang usianya baru 3 tahun 3 bulan dan aku butuh banget pengetahuan untuk mengenali perilaku anak di usia pra sekolah. Sebetulnya sih kalau punya 2 anak atau lebih, apalagi yang sulung sudah lewat usia balita, gampangnya kita tinggal mengulang hal-hal yang biasa kita lakukan terhadap kakaknya. Tapi karena beda anak beda pintar, tentu stimulasinya pun berbeda ya. Happy deh tanggal 14 September 2017 kemarin, Parenting Club Indonesia mengadakan Gathering yang membahas tentang Kenali Perilaku Anak Di Usia Pra Sekolah yang bertempatkan di Harleyquin Bistro Kemang - Jakarta Selatan.
Bintang tamu acara kali ini adalah Ayudia Bing Slamet, Artis sekaligus Birth Photographer dan Mam dari Dia Sekala Bumi yang akrab disapa Sekala. Selain mbak Ayudia, hadir pula beberapa narasumber lainnya yaitu kak Dwinta dari Parenting Club, Dr. Rini Sekartini, Sp.A(K), dan Kak Budi Haha (Indonesian Ventriloquist). Disini dibahas kalau pada dasarnya setiap anak memiliki 8 kepintaran dengan potensi yang berbeda-beda. Ke-8 jenis kepintaran ini digolongkan menjadi 3 yakni : Akal (Word Smart, Number Smart, Picture Smart, dan Music Smart) , Fisik (Body Smart dan Nature Smart), dan Sosial (Self Smart dan People Smart). Tugas orangtua adalah mengenali dan mengembangkan kepintaran si Kecil selama periode emasnya, salah satunya dengan memberikan stimulasi sederhana yaitu Story Telling.
 
Ternyata periode emas dimulai dari 1000 hari pertama kehidupan lho, Mams, yang terdiri dari 270 hari selama kehamilan dan 730 hari pada 2 tahun pertama kehidupan si Kecil. Nah, 1000 hari pertama kehidupan si Kecil bisa kita optimalkan dengan mengenal kepintaran si Kecil yang paling menonjol. Melalui sinergi kepintaran, si Kecil dapat tumbuh menjadi anak yang pintarnya beda dan kelak memiliki masa depan yang penuh kesuksesan. Hmm, jadi penasaran nih kira-kira apa ya kepintaran Chaverre? Asiknya di https://www.parentingclub.co.id/ ada Smart Strength Finder Tool, jadi kita bisa isi kuisioner berdasarkan pengamatan sehari-hari anak buat tau apa sih minat dan bakat yang paling dominan dari si Kecil. Aku sudah isi dan hasilnya kepintaran Chaverre yang saat ini sudah muncul adalah Self Smart, Word Smart, dan Body Smart yang termasuk dalam kepintaran Sosial, Akal, dan Fisik.
Oh ya, saat para Mams lagi  ikutan workshop, anak-anak asik bermain di playground yang ada di ruangan terpisah. Jadi sementara Mams-nya konsentrasi 'belajar', anak-anak pun senang. Selain bermain bebas di playground, mereka juga diberi kegiatan seperti mendengarkan story telling dari Kak Budi Haha dan mengerjakan Interactive Story Telling dengan menempel stciker-sticker di selembar gambar pemandangan pantai. Pasti seru banget deh Story Tellingnya soalnya Chaverre sampai ketawa gede banget gitu. Hehe. Thankyou Papa Sam Seite udah fotoin dan temenin anak-anak. Kira-kira suami baca ga ya? (‾▿‾) Anyway, thankyou Clozette Indonesia dan Parenting Club Indonesia for having us!

No comments:

Post a Comment